simbol LED

simbol LED

Table of Contents

simbol LED

simbol LED

1. Kapasitor

Kapasitor merupakan komponen elektronika yang berfungsi untuk menampung arus listrik, menahan arus DC dan mengalirkan arus AC. Besaran dari nilai kapasitor disebut dengan kapasitas dan dinyatakan dengan satuan farad.
2. Transistor
Transistor merupakan komponen elektronika yang bersifat sebagai semikonduktor. Transistor memiliki tiga kaki yaitu kaki basis, kaki kolektor dan kaki emitor. Berdasarkan polaritas dan arah aliran arus, transistor dibedakan menjadi transistor NPN (Negatif Positif Negatif) dan PNP (Positif Negatif Positif).
Prinsip kerja transistor NPN adalah jika ada arus yang mengalir dari kaki basis ke kaki emitor maka kaki collector dan kaki emitor akan terhubung. Prinsip kerja transistor PNP adalah jika ada arus yang mengalir dari kaki emitor ke kaki basis maka kaki collector dan kaki emitor akan terhubung. Transistor ditandai dengan huruf Tr atau huruf Q. Transistor termasuk dalam kategori komponen aktif yaitu komponen yang memerlukan arus atau tegangan listrik untuk mengoperasikannya.
3. Optocoupler
Optocoupler terdiri dari dua buah komponen yaitu infrared dan NPN silicon phototransistor yang dikemas dalam satu paket.
Optocoupler mempunyai enam buah kaki. Prinsip kerja optocoupler adalah jika ada arus mengalir dari kaki 1 ke kaki 2 maka LED akan menyala sehingga LED memancarkan sinar inframerah. Sinar inframerah akan mengakibatkan timbulnya GGL di B. Arus akan mengalir dari basis ke emitor. Kaki 5 (kolektor) dan kaki 4 (emitor) terhubung.
4.  Kristal (Ocilator)
Kristal atau oscilator merupakan komponen elektronika yang berfungsi sebagai pembangkit pulsa/gelombang dan penghasil sinyal detak (clock) yang digunakan sebagai sarana timer pada mikrokontroler. Nilai besaran untuk kristal dinyatakan dengan Mhz.
5.  Max232
Max232 adalah sebuah IC (Integrated Circuit) yang berisikan 2 buah RS232 Line Driver dan 2 buah RS232 Line Receiver. RS232 adalah sebuah standar komunikasi serial yang di dalamnya terdapat standarisasi penggunaan tegangan, kecepatan transmisi dan impedansi untuk berkomunikasi. Dalam IC ini dilengkapi pula dengan pengganda tegangan DC, sehingga meskipun catu daya untuk IC MAX232 hanya +5 Volt, tapi sanggup melayani level tegangan RS232 antara –10 Volt sampai +10 Volt. Dalam IC DIP (Dual In-line Package) 16 pin (8 pin x 2 baris) ini terdapat 2 buah transmiter dan 2 receiver. Sering juga sebagai buffer serial digunakan chip DS275.