Sekarang Bisa Mbikin Sepatu Pake Teknologi 3D Printing Loh

Sekarang Bisa Mbikin Sepatu Pake Teknologi 3D Printing Loh
Sekarang Bisa Mbikin Sepatu Pake Teknologi 3D Printing Loh

Sekarang Bisa Mbikin Sepatu Pake Teknologi 3D Printing Loh

 

 Sekarang Bisa Mbikin Sepatu Pake Teknologi 3D Printing Loh
Sekarang Bisa Mbikin Sepatu Pake Teknologi 3D Printing Loh

Sepatu emang menjadi barang penting buat kehidupan kita sehari-hari ya gais. Soalnya banyak banget acara yang mungkin mengharuskan kita untuk make sepatu, misalnya ke acara kondangan temen. Temen terus yang dikondangin, ha kita kapan dikondanginnya? (perih).Selama ini sih sepatu biasa dibikin secara handmade, alias pake tenaga manusia gitu gais. Tapi berhubung teknologi sekarang udah maju, bikin sepatu bisa pake mesin printer, ato lebih tepatnya pake teknologi 3D printing.

Pencetus teknologi 3D printing untuk sepatu ini adalah seorang fesyen deseiner yang bernama Mary Huang. Mbak

Mary ini adalah fondernya brand Continuum, brand yang menggunakan teknologi tinggi buat setiap desain dan proses pembuatannya gitu gais.

Mbak Mary ini punya studio atau tempat kerja di Brooklyn sono, dan doi menuangkan serta membuat produk-produknya di studio tersebut. Buat kalian misalnya ada yang tinggal disana dan mau bikin sepatu oke, bisa nyari studionya mbak Mary ini gais.

Perusahaan yang didirikan oleh mbak Mary punya konsep yang terbilang revolusioner loh, soalnya konsepnya adalah: “Fashion that you can design, download and print at home”. Artinya adalah kita bisa mendesain sepatu/barang lain sesuka kita, dan bisa memproduksinya dirumah kita sendiri.

Kalo besok teknologi ini udah disebarluaskan, gak bisa kebayang deh gimana menumpuknya sepatu-sepatu kita, terutama buat yang cewek sih, kan cewek lebih suka dalam hal kayak gituan. Dijamin bisa tiap tahun bikin rak sepatu baru. Belum lagi kalo teknologi ini gak cuma buat bikin sepatu aja, tapi bisa buat bikin barang lain semisal tas dan lain-lainnya gitu.

Untuk membuat sepatu juga gak dibutuhkan waktu lama loh gais, kata mbak Mary sih besok kalo teknologi udah

disebarluaskan, kita bisa mulai bikin dari malam hari, dan besok pagi sepatunya udah jadi. Cepet juga yah, sekitar 8-12 jam gitu.

Bisa dikatakan, mbak Mary inilah fesyen deseiner pertama yang memproduksi barang fesyen pake mesin teknologi 3D printing ini gais. Soalnya menurut penuturannya, antara 3-4 taun yang lalu belum ada satu orang deseiner yang kepikiran untuk memanfaatkan teknologi 3D printing di dunia fesyen, dan mbak Mary berani mengambil risiko untuk pake teknologi ini. Kan biasanya orang lebih suka dengan suatu barang yang dibuat secara handmade gitu, lebih ada nilai seninya.

Oia nih gais ada pideonya kok kalo kalian mau liat proses pembuatan sepatu pake teknologi 3D printing ini, monggo

diliat

Oke juga ya gais bikin sepatu pake teknologi 3D printing gitu, apalagi kalo desain sepatunya termasuk yang ribet banyak detail-detailnya. Sapa tau ada dari kalian yang tertarik bikin usaha pake teknologi 3D printing ini, bikin pacar khayalan mungkin? Hehehe

Gambar: Mesin Printer 3D via Shutterstock

Baca Juga: