Sejarah Menurut Waktunya

Sejarah Menurut Waktunya
Sejarah Menurut Waktunya

Sejarah Menurut Waktunya

Sejarah Menurut Waktunya
Sejarah Menurut Waktunya

Jangan katakan bahwa hanya sejarah masa lalu saja yang ada.

Tidak, sejarah itu lengkap adanya. Ada sejarah masa lalu, sejarah masa kini, dan sejarah masa depan. Sejarah dalam ketiga dimensi tersebut mempunyai kandungan dan tujuan yang berbeda. Dalam ketiga dimensi tersebut, sejarah menempati posisinya yang sangat penting bagi pengembangan sebuah masyarakat, negara atau apapun itu. Dalam ketiga dimensi waktu tersebut, sejarah memberikan hasrat bergerak yang beragam.

 

Dalam sejarah masa lalu

hasrat bergerak yang diberikan itu dicari. Sejarah masa lalu adalah sejarah yang dilupakan. Sejarah masa lalu adalah fenomena gunung es. Hanya sebagian diketahui dari sejarah masa kini, sebagian besarnya masih tersembunyi. Sejarah masa lalu ini apabila terus berkembang akan menjadi sebuah mitos dari lisan ke lisan, dari dongeng ke dongeng. Sejarah masa lalu inilah yang selalu ditelusuri karena belum pernah terangkat dan diketahui. Tapi bisa jadi, sejarah masa lalu adalah sejarah yang telah tergantikan oleh sejarah lainnya sehingga sejarah tersebut sengaja disimpan untuk dilupakan.

 

Berbeda dengan sejarah masa lalu

sejarah masa kini memiliki eksistensi yang sangat kuat. Sejarah masa kini adalah sejarah yang diketahui secara umum pada saat ini. Sejarah masa kini adalah tentang peristiwa yang telah berlalu dan dihadirkan kembali saat ini dalam bentuk tulisan dan menyebar secara luas. Sejarah masa kini adalah perdebatan antara berbagai sejarah yang ada kalau bukan eksistensi sebuah sejarah yang menang. Sejarah masa kini adalah sejarah yang memberikan hasrat bergerak untuk mempertahankan saat ini dan meneruskannya pada masa yang akan datang.

Yang terakhir adalah sejarah masa depan. Inilah peristiwa yang terjadi pada hari ini. Sejarah masa depan, belum menjadi sejarah dalam eksistensinya tapi sudah menjadi sejarah dalam substansinya. Artinya, pada dasarnya sejarah masa depan telah memenuhi persyarakat untuk menjadi sejarah. Tapi belum bisa disebut sejarah karena belum ada usaha untuk menyajikannya. Sejarah masa depan pada dasarnya adalah sebuah hasrat untuk bergerak bagi masa depan. Sejarah masa depan memberikan wajah baru bagi kondisi masa depan. Sejarah masa depan artinya sebuah usaha untuk merekontruksi masa depan.

Sumber : https://www.okeynotes.com/blogs/212521/21235/contoh-teks-eksplanasi