Pengertian Produktivitas adalah

Pengertian Produktivitas adalah

Pengertian Produktivitas adalah

Pengertian Produktivitas adalah

Produktivitas adalah

rasio dari keluaran suatu organisasi (barang dan jasa) terhadap masukannya (manusia, modal, material, dan energi) (Werther et al, 1986). Produktivitas meningkat bersamaan dengan ditemukannya cara-cara baru oleh suatu organisasi untuk menggunakan sumber daya yang lebih sedikit untuk memproduksi keluarannya.
Dalam lingkungan bisnis, meningkatkan produktivitas adalah penting untuk kesuksesan jangka panjang. Melalui peningkatan produktivitas, perusahaan dapat mengurangi biaya, menghemat sumber daya yang langka, dan meningkatkan profit. Pada gilirannya, peningkatan profit membuat organisasi bisa memberikan manfaat dan kondisi kerja yang lebih baik. Hasilnya bisa berupa kualitas kehidupan  kerja yang lebih tinggi bagi para pekerja, yang lebih cenderung termotivasi kearah peningkatan yang lebih jauh dalam produktivitas.
Produktifitas adalah ukuran seberapa baik sebuah negara, industri, atau unit bisnis dalam menggunakan sumber daya (atau faktor produksi) yang dimilikinya.
Productivity =  Output 
                       Input 
Perbandingan produktivitas sebuah perusahaan dapat dilakukan dalam dua cara:
• Membandingkan dirinya sendiri dengan perusahaan/operasi lain dalam industrinya
• Membandingkan dirinya dengan data industri (jika tersedia)
Pendekatan pengukuran produktivitas yang lain adalah dengan mengukurnya terhadap waktu dalam sebuah operasi yang sama.

Walaupun umumnya tujuan produktivitas diukur dengan jumlah barang atau jasa yang dihasilkan per input, terkadang produktivitas mengacu pada penurunan cost yang diharapkan. Objektif ini dapat berupa penurunan produk defektif, komplain pelanggan (yang dapat berujung pada tuntutan hukum), atau jam lembur.


Sumber: https://civitas.uns.ac.id/kasiono/seva-mobil-bekas/