Pengertian Ideologi Kapitalisme

Dalam hal ini salah satu ideologi yang dihasilkan dari ideologi kapitalisme adalah ideologi sosialisme, selain makna dan ciri-ciri kapitalisme yang akan dibahas kedepannya jika kita tidak lupa memberikan kelebihan dan kekurangan sistem ini.

Definisi Kapitalisme

Kapitalisme secara etimologis berasal dari bahasa Latin, caput, yang berarti kepala, kehidupan, dan kesejahteraan. Makna modal kemudian diterjemahkan sebagai titik kemakmuran. Dalam pengertian kesejahteraan, pengertian modal diawali dengan arti akumulasi keuntungan yang diperoleh dari setiap transaksi ekonomi. Karenanya, penafsiran awal kapitalisme adalah proses peningkatan kesejahteraan guna memenuhi kebutuhan. Dalam definisi ini kapitalisme memiliki definisi konstruktivitas-humanisme karena semua pasti mempunyai keinginan akan kebutuhan hidup sehari-hari.

Kapitalisme dapat diartikan sebagai ideologi yang mengagungkan modal kepada seseorang atau sekelompok orang yang memiliki alat kecil untuk menciptakan manusia. Kepemilikan modal atau kepemilikan individu oleh sekelompok kecil adalah ketuhanan yang memuliakan semua dewa, artinya segala sesuatu yang ada di dunia harus menciptakan modal individu atau kelompok kecil yang bekerja dengan sistem pengupahan, dimana pekerja (produsen) sebagai produsen ditindas. diperas dan disedot oleh para kapitalis (Arif Purnomo, 2007: 28).

Memahami Ideologi Kapitalisme

Kata kapitalisme berasal dari bahasa latin dimana akar kata adalah “caput” yang artinya kepala. Pada abad ke-12 dan ke-13, kata tersebut diartikan sebagai dana, jumlah uang, barang atau bunga untuk pinjaman. Pada abad ke-18, kata tersebut diartikan sebagai modal produktif.

Kapitalisme adalah pemahaman ekonomi yang membutuhkan keuntungan dan (modal) modal yang besar dan besar. Kapitalisme juga dapat didefinisikan sebagai tatanan ekonomi yang berlaku untuk keuntungan individu. Dalam pengertian kapitalisme uang atau kapital memegang peranan penting dalam implementasi politik atau strategi kapitalisme. Kapitalisme tidak memiliki definisi yang dapat diterima secara universal. Umumnya.

Dalam hal ini, Karl Marx berpendapat bahwa istilah tersebut merupakan konsep sentral yang disebut dengan “metode produksi”. Max Weber membutuhkan kapitalisasi sebagai aktivitas ekonomi yang ditujukan untuk pasar tunggal dan didorong untuk menghasilkan keuntungan dengan pasar.

Sejarah perkembangan kapitalisme terbagi menjadi 3 fase, yaitu:

  • Kapitalisme awal “1500-1750”
  • Kapitalisme klasik “1750-1914”
  • Kapitalisme lebih “1914-sekarang”

Pemikir / pengembang kapitalisme termasuk John Locke, Adam Smith, David Ricardo, Marthin Luther King, Robert Malthus, Lord Keynes, David Hume dan Karl Marx. Contoh kapitalisme adalah swalayan, penjualan saham, dan hutang kartu kredit.

Definisi Kapitalisme

Kapitalisme adalah sistem ekonomi yang menekankan pada peran modal (capital), yaitu kekayaan dalam segala bentuknya, termasuk barang yang digunakan dalam produksi barang lain (Bagus, 1996).

Ajaran / Teori Kapitalisme
Max Weber menceritakan kemunculan kapitalisme dengan semangat religius para pengunjuk rasa khusus. Pandangan ini didukung oleh Marthin Luther King yang berpendapat bahwa waktu bertindak dan tindakan manusia yang lebih baik dapat menyelamatkan dirinya dari siksa kekal. Tokoh lainnya adalah Benjamin Franklin dengan motto terkenal “Time Is Money”, seorang pria yang bekerja keras dan bekerja untuk kekayaan.

Sumber: blog.malavida.co.id