Pada jangka panjang, aspal karet lebih murah

Pada jangka panjang, aspal karet lebih murah

Pada jangka panjang, aspal karet lebih murah

Pada jangka panjang, aspal karet lebih murah

Direktur Pusat Penelitian Karet, Karyudi, mengatakan, penggunakan karet alam dalam campuran aspal dipastikan lebih murah meski untuk investasi awal jauh lebih mahal.

“Investasi awal memang lebih mahal sekitar 25 persen dari aspal biasa, tapi jika dilihat daya tahannya yang mencapai 50 persen maka secara keseluruhan bisa dikatakan teknologi ini lebih murah,” kata Karyudi, di Palembang, Senin.

Ia yang dijumpai disela-sela seminar mengenai teknologi komposit karet alam

pada sekat kanal ini, mengatakan, pada tahun ini hasil penelitian dari Pusat Penelitian Karet mengenai aspal karet ini akan diterapkan di dua kabupaten di Sumatera Selatan.

“Jika ditotal mencapai 11 kilometer. Kami berharap pada tahun-tahun mendatang, seluruh jalan mengunakan aspal karet sehingga dapat membantu serapan dalam negeri untuk karet alam,” kata dia.

Pusat Penelitian Karet diperintahkan meriset kemungkinan penggunakan karet alam untuk proyek infrastruktur selain dari yang sudah ada selama ini yakni dok kapal dan pintu air.

Sejauh ini, lembaga yang berpusat di Bogor ini telah menelurkan dua hasil penelitian

yakni aspal karet dan komposit karet alam pada kanal bloking.

Menurut Karyudi, dua teknologi ini sudah siap pakai pada tahun ini karena sudah memenuhi uji kelayakan di beberapa lokasi.

“Untuk aspal karet malahan kami sudah mengujicobanya pada tahun lalu di Lido

Jawa Barat, sementara kanal bloking sudah kami lakukan di April 2017. Hasilnya, dua-duanya sukses dan siap pakai, tinggal lagi kebijakan pemeritah dan sosialisasi ke kalangan swasta,” ujar dia.

 

sumber :

https://mlwcards.com/counter-terrorist-2-apk/