Menggunakan Otak Sesuai Waktu

Menggunakan Otak Sesuai Waktu

Waktu atau jam yang pas untuk otak manusia. Banyak yang menduga cuma kekuatan atau berat badan yang bisa berfluktuasi sepanjang satu hari. Padahal otak manusia terhitung memiliki irama tersendiri dan tersedia waktu-waktu terbaiknya. Kapan saja pas brilian untuk melaksanakan kegiatan tertentu. Seperti dikutip berasal dari Health.MSN, tersedia lebih dari satu pas tertentu yang mana seseorang bisa jadi brilian di dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

1. JAM 7-9 PAGI
Saat terbaik untuk menambah semangat dan gairah. “Waktu tersebut merupakan pas yang sempurna untuk menambah ikatan bersama dengan pasangan kala baru bangun tidur,” ujar Ilia Karatsoreos, PhD, pakar saraf berasal dari Rockefeller University. Hal ini sebab takaran hormon oksitosin (hormon cinta) berada di level tertinggi sesudah bangun tidur.
Waktu ini merupakan pas yang pas untuk memperkuat hubungan bersama dengan orang-orang yang paling penting di dalam hidup. Peneliti Inggris menyebutkan bahwa takaran oksitosin terhadap laki-laki akan berangsur-angsur menurun sejalan berjalannya waktu.

2. JAM 9 PAGI SAMPAI 11 SIANG
Saat terbaik untuk kreativitas. Pada pas tersebut otak memiliki hormon kortisol (hormon stres) yang cukup, agar bisa menopang memfokuskan anggapan dan hal ini tidak tergoda oleh usia berapapun. Saat ini merupakan pas yang sempurna untuk belajar dan juga mengerjakan tugas yang memerlukan analisa dan konsentrasi. Karena itu saatnya mengembangkan ide baru, sebabkan presentasi atau melaksanakan brainstorming.

3. JAM 11 SAMPAI JAM 2 SIANG
Saat terbaik untuk melaksanakan tugas yang sulit. Peneliti Jerman menyebutkan pas tersebut hormon melatonin (hormon tidur) udah menurun tajam, agar tubuh lebih siap untuk mengerjakan beban proyek atau pekerjaan yang sulit dan keras.
Namun sebaiknya senantiasa tidak melaksanakan lebih dari satu tugas secara bersamaan, sebab akan sebabkan seseorang kehilngan konsentrasi. Karena itu saatnya melaksanakan presentasi atau melaksanakan tugas yang berat lainnya.

4. JAM 2-3 SIANG
Saat terbaik untuk beristirahat. Untuk mencerna makan siang, maka tubuh akan menarik darah berasal dari otak ke perut, keadaan ini akan sebabkan asupan darah atau oksigen ke otak sedikit berkurang yang sebabkan seseorang jadi mengantuk. Untuk itu coba beristirahat sebentar berasal dari pekerjaan.
Jika senantiasa harus bekerja dan melawan kantuk, coba berjalan-jalan sebentar, melaksanakan meditasi atau minum air putih. Hal ini bisa menambah volume vaskuler dan sirkulasi agar menambah aliran darah ke otak.

5. JAM 3 SIANG SAMPAI 6 SORE

Saat terbaik untuk kolaborasi. “Pada pas sekarang otak akan mulai terlalu lelah,” ujar Paul Nussbaum, PhD, seorang neuropsikolog klinis. Karena itu tak tersedia salahnya untuk melaksanakan kolaborasi bersama dengan kawan kerja atau melaksanakan kegiatan yang berbeda. Meskipun otak tidak setajam pas sebelumnya, tapi seseorang akan mulai lebih santai dan tekanan tubuhnya terhitung lebih rendah.

6. JAM 6 SORE SAMPAI 8 MALAM
Saat terbaik untuk melaksanakan tugas-tugas pribadi. Diantara jam tersebut, peneliti menemukan bahwa otak udah masuk di dalam langkah ‘pemeliharaan’, yakni kala produksi melatonin tetap berada di level rendah.
Tak tersedia salahnya untuk berjalan-jalan seorang diri atau bersama dengan teman-teman, mempersiapkan makan malam atau nikmati pas yang memiliki kualitas bersama dengan anggota keluarga.

Artikel Lainnya : https://tutorialbahasainggris.co.id/motivation-letter-5-cara-dan-contoh-membuat-motivation-letter-bahasa-inggris/

7. JAM 8-10 MALAM
Saat terbaik untuk bersantai. Pada pas ini tersedia transisi berasal dari keadaan terjaga jadi mengantuk, sebab takaran hormon melatonin akan meningkat cepat. Sementara itu takaran serotonin (neurotransmitter yang terkait bersama dengan semangat) akan memudar.

Rubin Naiman, PhD spesialis persoalan tidur berasal dari University of Arizona’s Center for Integrative Medicine menyebutkan lebih kurang 80 prosen serotonin akan dirangsang berasal dari paparan sinar matahari, agar kecuali matahari tenggelam takaran di dalam di dalam tubuh terhitung berkurang.
“Pada malam hari kala otak udah lelah, merupakan langkah terbaik untuk sebabkan tubuh jadi santai seperti menonton film lucu, merajut atau melaksanakan hal-hal yang bisa sebabkan tubuh santai atau rileks,” ujar Naiman.

8. JAM 10 MALAM KE ATAS
Saat terbaik untuk tidur dan menunda segala kegiatan. Saat ini merupakan waktunya istirahat malam dan tidur, pengaturan sinar akan bisa menopang membiarkan otak beristirahat. Setelah lebih dari satu jam, otak akan siap kembali untuk mengawali kegiatan baru. Usahakan untuk beroleh tidur yang memadai sebanyak 7-8 jam, agar bisa beroleh kesegaran dan kekuatan yang optimal di pagi hari.

Baca Juga :