Melawan cyber crime

Melawan cyber crime
Melawan cyber crime

Table of Contents

Melawan cyber crime

Melawan cyber crime
Melawan cyber crime

Kejahatan Cyber Crime memang sangat sulit diatasi, kerugian yang dapat dialami juga dapat dibilang sangat besar. kejahatan ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa mengenal waktu dan tempat. pelacakannya juga sangat sulit diatasi.

INILAH.COM, Amsterdam – Agen intelijen Uni Eropa Europol mengatakan tingkat ancaman kejahatan cyber sangat tinggi. Karenanya, Europol membuat strategi menghalau kejahatan cyber.

“Kejahatan cyber bersifat tak terbatas wilayah, hal ini membuat penyelidikan lebih sulit dan rumit bagi penegak hukum,” ujar Rob Wainwright dari Europol. Seperti dikutip Computer World UK, “Untuk menghalaunya, butuh UU lintas-wilayah yang memadai,” tambahnya.

Menurut McAfee, kerugian korporasi global akibat kejahatan cyber mencapai 750 miliar Euro (Rp 9 kuantiliun) per tahun. Selain itu, terdapat lebih dari 150 ribu virus menyerang dan 148 ribu komputer terbajak tiap harinya.

Uni Eropa memiliki angka tinggi pada jumlah pengguna internet serta penggunaan e-banking. Ironisnya, Uni Eropa merupakan wilayah dunia di mana virus dan malware paling banyak menyerang.

Perkembangan hardware juga berkontribusi dalam berkembangnya kejahatan cyber, contohnya laptop, ponsel pintar, konsol game dan tablet. Semua perangkat ini rentan serangan cyber.

Motif :
kejahatan ini bertujuan untuk memperkaya diri yaitu dengan melakukan pencurian bernilai ratusan milyar dollar, tidak bisa dibayangkan kerugian yang terjadi didunia maya ternyata tidak terbatas.

Baca Juga :