Lakukan Ini Agar Kerusakan Mobil Akibat Banjir Tak Menjalar

Dalam sejumlah hari terakhir, Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan dengan intensitas yang lumayan tinggi sampai-sampai membuat sejumlah wilayah dilanda banjir. Kondisi ini pun membuat sejumlah mobil kebanjiran dampak luapan air yang datang secara tiba-tiba.

JIka mobil kebanjiran, maka empunya kendaraan supaya memahami langkah-langkah yang tepat dan dibutuhkan untuk menangani urusan ini. Sebab, andai salah dalam mengerjakan penanganan, maka bukan tidak barangkali akan menciptakan mobil kita menjadi semakin rusak.

Nah, inilah ini ialah langkah-langkah penanganan yang tepat andai mobil sudah terendam banjir, antara beda yaitu:

Lepaslah Kabel Baterai (Aki)
Langkah kesatu yang butuh Anda kerjakan setelah mobil kebanjiran ialah melepaskan kabel baterai (aki). Hal ini bertujuan guna menghindari terjadinya korsleting listrik sehingga menciptakan komponen-komponen elektronik di dalamnya menjadi rusak.

Mengevakuasi Mobil
Langkah selanjutnya ialah mengevakuasi mobil kita tanpa mengobarkan mesin. Hal ini dilaksanakan untuk menghindari terjadinya kehancuran mesin. Sebaiknya gunakanlah jasa towing guna mengevakuasi mobil kita atau mendorongnya ke lokasi yang lebih aman dari genangan banjir.

Cek Engine Control Unit (ECU)
Seperti diketahui ECU atau Engine Control Unit adalahotak mobil yang letaknya sedang di bagian kabin. Komponen ini paling sensitif sehingga andai sampai terendam banjir tentunya bakal langsung berdampak fatal.

Karena itu, paling penting untuk Anda guna langsung membawa mobil ke bengkel sah untuk mengerjakan pengecekan komponen ini secara menyeluruh.

Cek dan Ganti Pelumas
Pada umumnya saat berada di bengkel, mekanik bakal segera memeriksa situasi pelumas mesin, transmisi serta gardan termasuk pun cairan remnya. Hal ini bertujuan untuk menyaksikan apakah seluruhnya sudah tercampur air atau tidak. Jika situasi pelumas atau cairan-cairan lain sudah tercampur dengan air, maka butuh segera diganti dengan yang baru supaya tidak merusak komponen mesin lainnya.

Kuras Tangki Bahan Bakar
Langkah berikutnya yang perlu dilaksanakan setelah mobil terendam banjir ialah menguras tangki bahan bakar. Hal ini bertujuan untuk menangkal terjadinya korosi yang dapat memunculkan karat pada unsur tangki bahan bakar. Pastikan telah tidak terdapat air lagi di dalamnya sebelum Anda memenuhi dengan bahan bakar yang baru sampai-sampai tidak tercampur.

Sumber : https://gumroad.com/adukasip/p/seva-mobil-bekas-pilihan-expert-untuk-pemula