Jenis Penyakit yang Bisa Menular Lewat Ciuman

Selain manfaat kesehatan dari berciuman, ternyata berciuman di bibir juga menyebabkan penyakit yang tidak bisa diremehkan. Karena mulut adalah tempat paling membosankan di dalam tubuh, ini terjadi karena air liur mengandung banyak mikroorganisme.

Kemungkinan kontraksi penyakit berbeda karena ciuman di bibir

Berikut adalah beberapa penyakit yang disebarkan dengan berciuman di bibir.

1. Influenza
Influenza menyebar dengan cepat dari satu orang ke orang lain, seringkali melalui air liur orang yang terinfeksi ketika mereka batuk, bersin, atau berbicara. Umumnya, orang menjadi terinfeksi virus flu satu hari sebelum mereka memiliki gejala selama tujuh hari setelah penyakit. Gejalanya meliputi demam, batuk, radang tenggorokan, sakit tubuh dan kelelahan.

2. Gondok
Gondong adalah infeksi virus yang memengaruhi kelenjar ludah yang membengkak. Gondong menyebar melalui udara dari orang yang terinfeksi ketika mereka masuk angin, batuk atau bersin. Gejala gondongan termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, dan kehilangan nafsu makan.

3. Mononukleosis
Penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit mono atau penyakit ciuman. Mononukleosis adalah infeksi virus yang menyebar melalui air liur, misalnya ciuman, batuk, bersin atau hal-hal lain yang menyebar melalui air liur seseorang dengan mononukleosis. Gejala penyakit ciuman bibir sangat mirip ketika flu mengalami demam, sakit tenggorokan, kelelahan, nyeri otot dan penampilan yang lebih parah dari kelenjar getah bening yang bengkak.

4. Penyakit gusi
Bakteri, air liur dan partikel lain yang terus-menerus tertinggal di mulut dapat membentuk plak gigi. Menyikat dan flossing (flossing) sangat membantu dalam menghilangkan plak. Tetapi jika tidak dibersihkan dengan baik, plak juga dapat tumbuh di bawah garis gusi, menyebabkan penyakit gusi.

Meskipun penyakit gusi (juga dikenal sebagai pyorrhoontitis dan gingivitis) tidak menyebar melalui ciuman, bakteri jahat di mulut atau pasangan dapat menyebabkan penyakit gusi.

5. Herpes
Herpes oral disebarkan melalui kontak langsung dengan area yang terinfeksi, kulit yang rusak atau selaput lendir. Penyakit ini menyebabkan gelembung berisi air pada kulit dan membuatnya tampak seperti lepuh. Selain itu, para ahli memperkirakan bahwa lebih dari 20% kasus herpes genital baru disebabkan oleh herpes simplex tipe 1, yang disebarkan melalui seks oral.

6. Meningitis
Banyak jenis virus dapat menyebabkan meningitis. Meningitis adalah peradangan atau radang selaput pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Peradangan ini biasanya disebabkan oleh infeksi cairan di sekitar otak dan sumsum tulang belakang. Menurut penelitian, salah satu pemicu penyakit ini adalah berciuman. Gejalanya meliputi demam, sakit kepala, leher kaku, mati rasa dan kesemutan.

7. Hepatitis b
Penyakit yang disebabkan oleh ciuman di bibir termasuk penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B ketika terinfeksi dengan virus hepatitis dapat terjadi ketika darah dan air liur bersentuhan langsung dengan orang lain atau aliran darah ke membran. Mukosa. Seseorang mudah terinfeksi ketika pasangannya mengalami luka di mulut.

8. Flu Singapura
Flu Singapura atau bahasa medis tangan, PMK adalah penyakit yang sangat menular. Penyakit ini disebabkan oleh virus coxsackie dan menyebar ke luka terbuka di mulut, air liur dan kotoran. Gejala umum termasuk sakit tenggorokan, dingin dan ruam di mulut, tangan dan kaki.

Baca juga: