Jaringan 5G di Indonesia

Jaringan 5G di Indonesia

Jaringan 5G di Indonesia

Jaringan 5G di Indonesia

Teknologi jaringan terus berkembang pesat di dunia. Jaringan 5G bahkan saat ini sudah diterapkan di beberapa negara seperti Korea Selatan, Tiongkok dan Amerika Serikat. Teknologi yang memberikan peningkatan kecepatan ultra-cepat ini pun saat ini mulai dilirik oleh negara-negara lain termasuk negara-negara di Asia Tenggara. Indonesia merupakan negara tengah mengembangkan teknologi ini.

Beberapa operator jaringan sudah mulai mengembangkan penerapan teknologi super cepat tersebut sejak tahun 2018. Pemerintah bahkan ikut mendukung pengembangan teknologi jaringan 5G di Indonesia untuk menopang perkembangan revolusi industri 4.0. Salah satu operator yang terus mengembangkannya adalah Simpati. Operator tersebut bahkan memiliki ambisi untuk membawa teknologi 5G ke ibukota Indonesia yang baru di Kalimantan. Salah satu bentuk mengembangkan yang dilakukan adalah dengan melengkapi infrastruktur telekomunikasi di pulau tersebut.

Perkembangan 5G VS AI
Baca Juga:

Macam Jenis Jaringan 4G dan Kategori Jaringan 4G LTE
Pengertian Protokol Jaringan dan Fungsi serta Jenis Protokol Jaringan
Spesifikasi Dan Harga Oppo F11 Pro Terbaru di Indonesia

Peningkatan pengguna internet di Asia Tenggara membuat jaringan 5G

sangat diperlukan. Selain itu, jaringan 5G dapat mendukung peningkatan infrastruktur teknologi dan tren ini akan terus berlanjut beberapa tahun ke depan. Berkembangnya infrastruktur yang membutuhkan kecerdasan buatan (AI Artificial Intelligence) harus diseimbangkan dengan kecepatan jaringan yang memadai. Dengan jaringan super cepat maka Analisa data secara real-time pun akan semakin mudah dilakukan.

Teknologi 5G memiliki jeda pengiriman data lebih rendah dari para jaringan 4G.

5G hanya memerlukan waktu kurang dari 10 mili detik untuk mengirim data. Hal ini sangat membantu dan memberikan keuntungan bagi pengusaha operator seluler. Dengan jaringan 5G, mereka bisa melayani lebih banyak pelanggan pada satu jaringan dari pada jaringan 4G. Selain itu, biaya operasional penyediaan jaringan ini bisa dikatakan lebih rendah jika dibandingkan dengan 4G. Dengan demikian kemungkinan besar harga layanan yang diberikan pun akan lebih murah.

Berbeda dengan 4G yang setiap towernya memerlukan daya

yang tinggi agar bisa memancarkan sinyal secara luas dan kuat, sinyal 5G dapat ditransmisikan melalui stasiun sel kecil. Hal tersebut membuat penyedia jaringan bisa memasangnya di beberapa tempat seperti tiang lampu jalan atau atap bangunan.

 

sumber :

https://babyboomers.co.id/tower-fortress-apk/