Definisi Fenomenologi

Definisi Fenomenologi
Definisi Fenomenologi

Table of Contents

Definisi Fenomenologi

Definisi Fenomenologi
Definisi Fenomenologi

Fenomenologi adalah ilmu yang berorientasi untuk mendapatkan penjelasan tentang realitas yang tampak. Fenomenologi memanfaatkan pengalaman intuitif atas fenomena, sesuatu yang hadir dalam refleksi fenomenologis, sebagai titik awal dan usaha untuk mendapatkan fitur – hakekat dari pengalaman dan hakekat dari apa yang kita alami.
Fenomenologi memanfaatkan pengalaman intuitif atas fenomena, sesuatu yang hadir dalam refleksi fenomenologis, sebagai titik awal dan usaha untuk mendapatkan fitur-hakekat dari pengalaman dan hakekat dari apa yang kita alami.

Fenomenologi berasal dari bahasa yunani “phainomenon” yang berarti gejala dan “logos” yang berarti perkataan, ajaran. Fenomenologi mengandung beberapa perngetian:
1. Arti luas, ilmu tentang fenomen – fenomen atau apa saja yang tampak. Dalam hal ini fenomenologi merupakan sebuah pendekatan filsafat yang berpusat pada analisis terhadap gejala yang membanjiri kesadaran manusia.
2. Arti sempit, ilmu tentang gejala yang menampakkan diri pada kesadaran kita.

B. Dimensi Ontologis:
Fenomena yang tampak adalah refleksi dari realitas yang tidak berdiri sendiri karena ia memiliki makna yang memerlukan penafsiran lebih lanjut
Tokoh –tokoh ::
1. Emmanuel Kant
2. Fenomenologi Edmund Husserl
3. Fenomenologi Alfred Shutz
4. Fenomenologi Peter L. Berger
5. Harry Hamersma
6. Emilio Betti
7. Merlu – Ponty
Fenomenologi menerobos fenomena untuk dapat mengetahui makna hakikat terdalam dari fenomena tersebut.

Sumber : https://icanhasmotivation.com/