Cara Mendaftarkan Blog di Google News (Blogspot juga Bisa)

Cara Mendaftarkan Blog di Google News (Blogspot juga Bisa)
Cara Mendaftarkan Blog di Google News (Blogspot juga Bisa)

Cara Mendaftarkan Blog di Google News (Blogspot juga Bisa)Cara Mendaftarkan Blog di Google News (Blogspot juga Bisa)

Jika anda mencari tahu tentang cara mendaftarkan blog di Google News, hampir semua atau sebagian besar ulasan menyebutkan bahwa blog musti sudah TLD agar bisa diterima di Google News. Namun ternyata, blog gratisan meskipun masih blogspot, asalkan memenuhi syarat dan kriteria juga bisa diterima di google news. Blog saya ini bisa menjadi buktinya.

Saya sendiri awalnya tidak tahu akan hal ini. Namun setelah secara tidak sengaja membaca postingan dari blog ainamulyana.blogspot.com, saya pun langsung mencoba daftarkan blogspot saya ini di google news. Dan Alhamdulillah, hanya dalam jangka waktu 2 hari, status permintaan saya dari in review sekarang telah berubah menjadi Live alias diterima.

Berikut ini link Google News Blog saya: https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMP_omwsww_OzAw?hl=id≷=ID&ceid=ID%3Aid

cara daftar google news

Apa Sih Google News itu?

Melansir dari wikipedia, Google News adalah layanan kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media. Google News juga menyediakan layanan pencarian berita dengan hasil pencarian berupa berita yang sesuai dengan kata kunci. Layanan ini dikelola oleh Google dengan cara mengumpulkan berbagai artikel dari berbagai situs untuk kemudian ditampilkan kepada pengunjung.

Ketika website atau blog telah berhasil terdaftar di layanan ini, maka situs tersebut berpeluang besar untuk memperoleh trafik berkali-kali lipat dari sebelumnya. Jika itu terjadi, maka dipastikan pengunjung juga akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Bukan hanya itu saja, ada banyak keuntungan-keuntungan lainnya jika blog anda berhasil terdaftar di google news. Maka tidak heran jika banyak pemilik website atau blog yang ingin agar situsnya berhasil diterima di google news ini.

Manfaat Blog diterima di Google News

Seperti telah disebutkan di atas, ada banyak manfaat yang bisa didapat ketika situs/blog telah berhasil diterima menjadi bagian dari google news, beberapa di antaranya yaitu:

1. Artikel lebih Cepat Terindeks Google

Jika biasanya kita mesti submit URL agar artikel bisa langsung muncul di hasil pencarian, maka setelah diterima di google news ini kita tidak perlu melakukan hal itu lagi. Artikel baru yang anda posting akan langsung terindeks begitu blog sudah diterima google news.

2. Trafik Organik Meningkat Berkali-kali lipat

Tidak dapat dipungkiri bahwa faktor inilah yang membuat banyak blogger ingin agar blognya menjadi bagian dari google news. Ketika blog anda sudah diterima di google news, maka dipastikan trafik organik yang menuju blog anda akan meningkat berkali-kali lipat sehingga blog menjadi ramai akan pengunjung.

3. Meningkatkan SEO Blog

Jika sebelumnya kita mesti meningkatkan SEO agar artikel blog bisa bersaing dengan artikel serupa di hasil pencarian, maka dengan terdaftar di google news artikel akan lebih mudah untuk bertengger di posisi teratas hasil pencarian. Hal ini karena adanya fitur personalized content sehingga pengunjung lebih mudah untuk menemukan topik yang relevan sesuai kebutuhan mereka.

4. Mendapatkan Backlink Berkualitas

Keberadaan backlink berkualitas memang cukup penting bagi perkembangan blog. Jika blog anda sudah terdaftar di google news, maka besar kemungkinan situs anda akan banyak dijadikan rujukan dan tentunya peluang mendapatkan backlink berkualitas juga semakin terbuka lebar.

5. Meningkatkan Penghasilan Blog

Banyak blogger memonetisasi blognya agar dapat meraup penghasilan dari jerih payah membangun blognya. Dengan terdaftar di google news, maka pendapatan blog anda juga dapat semakin meningkat karena jangkauan pembaca blog anda juga semakin bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah trafik.

Syarat Blog diterima Google News

Tidak sembarangan blog atau situs bisa terdaftar di layanan google ini. Ada beberapa syarat agar Blog bisa diterima di Google News. Syarat-syarat di bawah ini ada yang sifatnya tidak wajib, namun jika itu terpenuhi maka akan menjadi nilai lebih agar blog anda lebih mudah diterima di google news.

1. Kepemilikan Situs Jelas

Sebelum mendaftar Google News, pastikan situs anda sudah diverifikasi melalui Google Search Console. Ini merupakan syarat wajib karena Google News selalu berupaya untuk menampilkan berita dari situs terpercaya dengan informasi penulis yang dapat diverifikasi kepada pembaca.

2. Blog Berisi Konten Berita.

Seiring dari maksud dari layanan ini, sebaiknya blog yang anda kelola berisi konten berita agar meningkatkan peluang untuk bisa diterima di Google News. Hal ini sepertinya tidak wajib, tapi jika bisa dipenuhi maka itu lebih baik.

3. Konten Harus Orisinil

Tidak perlu dijelaskan anda pasti paham dengan poin ini. Google memang selalu menekankan kepada setiap pemilik situs untuk membuat artikel yang asli atau orisinil, sehingga jauhi jiplak konten orang lain dan semacamnya agar blog anda bisa diterima di google news ini.

4. Blog Berdomain TLD

Poin ketiga ini bukanlah suatu keharusan, buktinya blog saya ini masih blogspot dan berhasil diterima di google news. Meskipun begitu, blog berdomain TLD tentu memiliki nilai lebih di mata google sehingga peluangnya juga pasti lebih besar untuk diterima.

5. Artikel Sudah Banyak

Saya kurang tahu apakah ini merupakan suatu keharusan. Tapi secara logika memang artikel harus sudah banyak agar ketika direview tim google bisa menilai layak tidaknya suatu blog diterima di google news. Sebagai informasi, blog saya ini berisi lebih dari 500 artikel ketika diterima google news.

6. Blog Harus Aktif

Blog yang aktif update konten tentu lebih besar peluangnya untuk diterima di google news. Jika anda ingin mendaftarkan blog anda ke google news, usahakan untuk rajin update artikel setiap harinya.

Sumber: https://ngegas.com/ini-alasan-software-open-source-diminati/