BUDIDAYA SIRSAK

BUDIDAYA SIRSAK
BUDIDAYA SIRSAK

Table of Contents

BUDIDAYA SIRSAKBUDIDAYA SIRSAK

CARA MENANAM / BUDIDAYA SIRSAK , tanaman sirsak juga disebut sarikaya atau surikoyo adalah tanaman yang menghasilkan buah , dagingnya berwarna putih dan berbuji , buah sirsak berasa manis dan masam , buah ini mengandung banyak manfaatnya untuk kesehatan. Tanaman ini mudah tumbuh dan beradaptasi di segala tempat.

Menanam / budidaya sirsak sangat mudah , bisa dilakukan di kebun , sawah , bahkan di sekitar rumah yang tanahnya terbatas. Pada kesempatan ini akan saya sampaikan cara menanam / budidaya sirsak di kebun .

Persipan menanam / budidaya sirsak

Pembibitan

Bibit sirsak di dapat dengan bijinya ( generatif ),ada pula dengan stek, okulasi (vegetatif). Perbanyak dengan biji sudah jarang dipakai karena tanaman tidak genjah dan terkadang melenceng dari induknya . biasanya banyak orang memakai cara kedua ( vegetatif) dengan cangkok, sampung pucuk ,tempel . karena memiliki keunggulan cepat berbuah , identik dengan induknya .

Persiapan lahan

Lahan di persiapkan dengan di gemburkan menggunakan cangkul , atau bajak bila kebunya luas . Kemudian membuat lubang dengan kedalaman 50 cm , diameter 30 cm jarak lubang 5 m x 5 m , setelah itu biarkan beberapa hari agar tanah kering.

Penanaman sirsak

Masukkan bokashi kedalam lubang setinggi 20 cm , kemudian taburkan insektisida Furadan sekitar 2 sendok makan / 20 gram lalu siram sampai basah merata lalu masukkan bibit sirsak kemudian timbun dengan tanah bercampur bokashi lalu injak agar rapat dan siram sampai merata selanjutnya pasang tajuk dan tali agar batang tidak gerak.

Perawatan tanaman

Penyiraman dilakukan setiap hari untuk tanman yang masih baru, bila telah tumbuh penyiraman dilakukan 2 hari sekali , atau bila di perlukan , melihat kondisi tanah.
Penyulaman tanaman dilakukan 2 minggu setelah tanam , tanaman yang mati atau kurang sehat diganti dengan yang baru .

Pemupukan tanaman sirsak dilakukan mulai umur 3 minggu ,pupuk yang di gunakan Urea + kompos / bokashi untuk pemupukan 1, 2, 3 sedangkan selanjutnya 6 bulan sekali menggunakan Za / Phonska + kompos / bokashi.

Hama dan penyakit

Hama yang menyerang biasanya jenis ulat dan kutu ( kutu putih dan hitam / cabuk ) jenis kutu menyerang tanaman sirsak pada musim kemarau. Cara pengendaliannya : semprot dengan insektisida berbahan aktif Imidakloprit dan sipermetrin , beta sifultrin.

Panen tanaman sirsak

Tanaman sirsak mulai berbuah umur 3 tahun dari bibit vegetatif , buah yang siap di petih di tandai dengan : warna kulit buah memudar, duri kulitnya melunak , daging lunak dan berwarna putih bersih.

 

Sumber: https://ppidkabbekasi.id/samsung-integrasikan-linkedin-dengan-bixby/