Bayi Sering Menjulurkan Lidah, Pertanda Apa?

Bayi Sering Menjulurkan Lidah, Pertanda Apa
Bayi Sering Menjulurkan Lidah, Pertanda Apa

Bayi Sering Menjulurkan Lidah, Pertanda Apa?

Bayi Sering Menjulurkan Lidah, Pertanda Apa
Bayi Sering Menjulurkan Lidah, Pertanda Apa

Melihat tumbuh kembang bayi berikut dengan aksi lucunya pasti membuat semua orang

merasa gemas. Bahkan ingin mencubit pipinya yang lucu. Apalagi ketika dia melet-melet atau menjulurkan lidah dengan wajah imutnya.

Bagaimana dengan bayi Anda, apakah juga suka menjulurkan lidah?. Apabila hanya sesekali saja mungkin tidak jadi masalah dan tampak lucu-lucuan. Namun, ketika si Kecil sering melakukannya tentu akan membuat Anda bertanya-tanya dan kahwatir kenapa ia demikian.

Sekilas, hal itu bisa sebagai bentuk komunikasi darinya dalam merespons perkataan Bunda.

Tapi, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami dan perhatikan terkait dengan sikapnya yang sering menjulur lidah. Apa saja?.

Dilansir haibunda.com, yang dikutip dari Romper, dorongan untuk menjulurkan lidah pada bayi baru lahir bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:
Gerakan Refleks

Menjulurkan lidah merupakan gerakan refleks yang berkaitan dengan menyusui.

Mungkin ketika Bunda menyentuh bibir bayi, lidahnya akan keluar untuk seperti bersiap-siap mengisap ASI atau susu formula.

Selain itu, bayi kadang menunjukkan rasa laparnya dengan cara menjulurkan lidah sebagai tanda bahwa sudah waktunya untuk makan. Tidak heran, bagi yang sudah mengerti isyaratnya langsung memberinya makan.
Tidak Siap Makan-makanan Padat

Gerakan refleks ini juga mencerminkan ketidaksiapan mereka menerima makanan padat. Maksudnya, kadang ada saat di mana bayi tidak mau atau belum siap untuk mengonsumsi makanan padat dari sebelumnya yang masih terbiasa hanya minum susu. Jadi, mereka menjulurkan lidahnya yang menandakan tidak mau.

 

Baca Juga :