Audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2019 Dimulai

Audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2019 Dimulai
Audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2019 Dimulai

Audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2019 Dimulai

Audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2019 Dimulai
Audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2019 Dimulai

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Kesenian

menggelar audisi bagi putra-putri Indonesia yang memiliki bakat dan kemampuan bermain musik untuk menjadi bagian dari Gita Bahana Nusantara, baik orkestra maupun paduan suara. Mereka yang lulus audisi akan tampil pada acara kenegaraan di Gedung MPR/DPR RI pada tanggal 16 Agustus 2019 dan pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2019, di Istana Merdeka RI.

Audisi Orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) 2019 dilaksanakan di dua provinsi, yaitu di DKI Jakarta dan Yogyakarta. Audisi orkestra tahap pertama berlangsung di DKI Jakarta pada 27 s.d 28 Juni 2019 di kantor Kemendikbud. Audisi orkestra tahap kedua dilaksanakan di DI Yogyakarta pada 3 s.d 5 Juli 2019 Institut Seni Indonesia (ISI). Sementara untuk audisi paduan suara berlangsung di provinsi masing-masing dengan jadwal yang berbeda-beda.

Materi audisi untuk orkestra antara lain memainkan tangga nada mayor, minor, dan arpeggio; memainkan Concerto/Sonata/Pieces yang teknik keterampilannya setingkat dengan Concerto, kemudian juga memainkan ‘primavista’. Khusus Bass Elektrik, Keyboard memainkan salah satu karya standar yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Materi terakhir adalah memainkan lagu nasional atau daerah dari salah satu provinsi di Indonesia dengan tempo lambat.

Dalam beberapa tahun terakhir, GBN telah menunjukkan kemampuan dan kiprahnya

dalam berbagai acara penting di tingkat nasional. Kepala Subdirektorat Seni Pertunjukan Edi Irawan mengatakan, GBN menjadi salah satu program kebanggaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ‘’GBN ini bukan semata-mata talent dan otodidak, harus benar-benar orang yang menguasai musik atau olah vokal,’’ ujarnya saat memantau pelaksanaan audisi orkestra GBN di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Edi kemudian menjelaskan teknis dalam pelaksanaan audisi orkestra dan standar penilaian. ‘’Pertama, dia disuruh mainkan teknik, yaitu segala macam tangga nada. Kedua, dia mainkan karya musik yang dia bisa kuasai, yang bagus. Ketiga itu primavista. Kriteria penilaiannya sama karena memang harus sama. Jadi dia mau audisi di manapun tetap sama penilaiannya, pelaksanaannya pun sama karena kita ada juknisnya,’’ tutur Edi. Ia menambahkan, sampai saat ini peserta yang sudah terdaftar audisi orkestra di Yogyakarta sudah mencapai 150 peserta, sementara di Jakarta sekitar 50 peserta.

Salah satu peserta Audisi Orkestra Gita Bahana Nusantara 2019, Jekinda Malika Manuella

, mengaku dirinya baru pertama kali mengikuti audisi GBN. Siswa kelas XII SMA Kristen Calvin Kota Jakarta itu menuturkan, ia tertarik mengikuti audisi karena ingin menambah pengalamannya di bidang musik. ‘’Pengen cobain aja. Cobain main di Istana Negara gitu ‘kan kayaknya keren,’’ tuturnya saat ditemui usai audisi di Graha Kemendikbud.

Setelah lolos audisi, putra-putri terpilih akan mengikuti pemusatan latihan selama 19 hari mulai tanggal 1 s.d. 19 Agustus 2019 di Depok, Jawa Barat. Hasil Audisi GBN 2019 akan diumumkan melalui laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

Sumber :

http://devitameliani.blog.unesa.ac.id/pengertian-akhlak-tercela