Tidak Hanya Indah, Ternyata Bunga-Bunga Ini Enak Dimakan

Tidak Hanya Indah, Ternyata Bunga-Bunga Ini Enak Dimakan

Masih ingat mantan aktris horor Suzanna? Semasa hidupnya, Suzanna familiar dengan kebiasaannya santap melati. Makan bunga ternyata bermanfaat untuk tubuh, walau mengonsumsi melati tampak menyeramkan.

Bunga, khususnya yang berwarna gelap, kaya kandungan antioksidan yang menangkal masuknya radikal bebas. Bunga pun kaya beta karoten, vitamin A, C, D, dan E. Beberapa bunga berisi pollen atau serbuk sari yang melemahkan serangan alergi ketika dikonsumsi. Kandungan lain ialah serat yang ada nyaris di seluruh bunga.

Konsumsi bunga tidak mesti langsung dan mentah laksana yang dilaksanakan Suzanna. Dengan rasa manis, pahit, dan asin, bunga dapat menjadi penambah wewangian masakan. Bunga juga dapat menjadi bahan ekstra kue, biskuit, atau muffin. Dalam format umum, bunga biasa dihidangkan dalam format teh atau punches.

Berikut sejumlah bunga yang biasa dikonsumsi, dirangkum dari sekian banyak  sumber. Sebelum mencoba, terdapat baiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter, berpengalaman diet, atau koki guna hasil terbaik.

Mawar

Mawar biasa dipakai untuk menambah wewangian olahan selai, madu, dan hidangan penutup. Rasanya pelbagai mulai dari manis, metalik laksana darah, dan tidak banyak beraroma jahe. Sebelum memakai mawa, pastikan mencobanya terlebih dulu guna hasil terbaik. Biasanya kian gelap warna bunga semakin tajam rasanya.

Lavender

Lavender seringkali digunakan dalam penciptaan kue atau camilan scone. Dengan aromanya yang segar, lavender pun biasa dikonsumsi sebagai teh dan selai. Lavender menolong memperbaiki kualitas istirahat dan menghilangkan sakit kepala. Lavender pun membantu memunculkan rasa tenang, yang mempermudah relaksasi.

Daylily

Tanaman ini masih sekeluarga dengan bunga lily, namun bertolak belakang dengan strukturnya yang lebih kuat. Daylily yang biasa dipakai sebagai tumbuhan pembatas muncul dengan warna kuning, merah, orange, ungu, dan putih. Rasanya ingin manis, serupa asparagus, tidak banyak pahit, dan metalik. Daylily lebih baik dikonsumsi ketika masih kuncup dengan digoreng biasa atau memakai tepung.

Dandelion

Dandelion kerap dirasakan gulma sebab mudah tumbuh tanpa butuh perawatan khusus. Bunga dandelion yang berwarna putih atau kuning kaya kandungan vitamin A dan C. Daunnya kaya kalsium, besi, dan fosfor. Dengan rasa yang manis, bunga dandelion kerap dipakai dalam penciptaan kue atau digoreng dengan tepung. Daunnya yang tidak banyak pedas sesuai digunakan sebagai bahan ekstra salad.

Calendula

Bunga calendula serupa krisan dengan warna dan wewangian serupa kunyit. Calendula dapat digunakan untuk menanggulangi masalh pencernaan, menurunkanpanas, dan menambah daya tahan tubuh. Olahan calendula dipakai dalam teh, salad, bumbu penyedap, dan salep untuk menanggulangi kulit luka dan terbakar.

Baca Juga: