Pendongeng Internasional Siap Meriahkan Festival Dongeng Kota Hujan 2017

Pendongeng Internasional Siap Meriahkan Festival Dongeng Kota Hujan 2017
Pendongeng Internasional Siap Meriahkan Festival Dongeng Kota Hujan 2017

Pendongeng Internasional Siap Meriahkan Festival Dongeng Kota Hujan 2017

Pendongeng Internasional Siap Meriahkan Festival Dongeng Kota Hujan 2017

Festival Dongeng Kota Hujan

Sejak tahun 2014 Festival Dongeng Kota Hujan selalu menjadi acara yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak Kota Bogor. Dan di tahun 2017 ini Festival Dongeng Kota Hujan akan menggelar Festival Dongeng di Gedung Kesenian Kemuning Gading, jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Sabtu, 11 November mendatang.

Pendiri Dongeng Kota Hujan Suci Yoskarina

Pendiri Dongeng Kota Hujan Suci Yoskarina menjelaskan, di acara yang ke-empat digelar ini Festival Dongeng Kota Hujan 2017 akan memberikan konsep yang berbeda, dimana di tiga tahun sebelumnya selalu diadakan di Kebun Raya Bogor, kali ini Festival Dongeng Kota Hujan 2017 dihadirkan di Gedung Kesenian Kemuning Gading. Mengantisipasi terjadinya hujan dan ingin memberikan suasana piknik yang berbeda menjadi alternatif baru Festival Dongeng Kota Hujan 2017.

Festival Dongeng tahun ini berbeda dari sebelumnya

Selain dengan konsep tempat dan pendongeng yang berbeda, di  Festival Dongeng Kota Hujan ini kami juga akan menghadirkan pertunjukan seni, bermain, bernyanyi dan menyediakan pojok U-lin, selain itu kami juga menghadirkan adik-adik dari kalangan yang mungkin kurang mampu, jadi pengunjung yang hadir dan membeli tiket, berarti Anda juga berbagi dengan mereka,” kata Suci saat audiensi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat di ruang Paseban Surawisesa, Balaikota Bogor, Senin (06/11/2017).

Ia menerangkan

Festival Dongeng Kota Hujan 2017 ini mengangkat tema “Piknik Ajaib” yang ingin mengajak seluruh anak-anak di Kota Bogor untuk berimajinasi dan belajar segala hal-hal baik. “Dongeng itu baik, melalui dongeng anak-anak bisa mengembangkan imajinasinya, bisa meningkatkan keterampilan mereka dalam berbahasa, membangun kecerdasan, bisa juga membangkitkan minat baca anak,” katanya.

Melalui cerita-cerita yang disampaikan kata Kak Bonci sapaan akrabnya,  anak mendapatkan nilai moral tanpa harus mengatakan secara langsung dan kedekatan intim antara orangtua dan anak dapat terjalin lewat kegiatan mendongeng.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya

Festival Dongeng Kota Hujan 2017 akan menghadirkan dua pendongeng internasional yang sama sekali belum pernah mendongeng di Bogor. Tanya Batt dari New Zealand yaitu seorang pendidik, pendongeng dan juga penulis, dan Uncle Fat (Chen Ming-Hsiang) dari Taiwan yang sudah sekitar 12 tahun menjadi pendongeng. Mereka akan hadir dan mengajak seluruh anak-anak Bogor untuk berimajinasi di Piknik Ajaib.

Festival Dongeng Kota Hujan 2017

“Selain pendongeng dari luar negeri, Festival Dongeng Kota Hujan 2017 juga akan menghadirkan pendongeng andalan dari Ayo Dongeng Indonesia dan pendongeng dari Dongeng Kota Hujan (Bogor),” terang Kak Bonci.

Menanggapi rencana tersebut, Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menyambut baik rencana tersebut. Ia mengaku senang mendengarkan dongeng ketika masa kecilnya, namun isi dongeng harus benar-benar mendidik sehingga menjadi literatur. “Dongeng dapat membantu proses belajar anak, kalau misalkan anak malas membaca bisa disampaikan melalui dongeng,” tuturnya.

Ade mengaku sangat mendukung acara ini karena dapat mendidik, apalagi bisa disinergikan dengan kegiatan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor tentang Story Telling.“Kalau semakin banyak yang bisa mendongeng akan lebih bagus, saya kira pagelaran ini baru, sederhana dan bermanfaat. Silahkan diinformasikan lewat sekolah-sekolah,” pungkasnya.

Turut hadir dalam audiensi tersebut

Kabid Trantib dan Linmas Satpol PP Kota Bogor Tri Ongko Wibowo, Kabid SMP Disdik Kota Bogor Arni Suhaerani dan Kasi Bahasa Disparbud Kota Bogor Maman Kadarisman.

 

Sumber : https://solopellico3p.com/