Pemaknaan Sumpah Pemuda di dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Pemaknaan Sumpah Pemuda di dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Sumpah Pemuda merupakan pencerminan niat dan ikrar para pemuda dan pelajar pas itu. mereka sudah bersatu tanpa memandang perbedaan tempat agama, dan suku bangsa. Mereka bersatu untuk merebut kemerdekaan Indonesia berasal dari tangan penjajah. Pada pas itu, dorongan persatuan begitu menonjol.

Mereka bertekat lebih baik mati terhormat berasal dari terhadap terjajah, tidak tersedia jalan lain di dalam usaha merebut kemerdekaan, terkecuali menjalin persatuan dan kesatuan. Semangat dan tekat para pemuda begitu kuat. Mereka bersatu bersama dengan mengucapkan ikrar setiap terhadap negara. ikrar itu dikenal bersama dengan nama ‘Sumpah Pemuda’. https://www.biologi.co.id/6-ciri-ciri-makhluk-hidup/

Pada pas Kongres Pemuda II, lagu Indonesia Raya ciptaan Wage Rudofl Supratman untuk kali pertama diperdengarkan. Pada pas itu juga, bendera Merah Putih ditetapkan sebagai bendera kebangsaan Indonesia. Dengan Sumpah Pemuda, perjuangan rakyat Indonesia tidak ulang berwujud kedaerahan, namun sudah jadi kesatuan yang kuat, semua kekuatan bersatu untuk melawan para penjajah. Sehingga di dalam pas singkat, bangsa Indonesia berhasil mengusir penjajah. Penjajah terhadap tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia mampu memproklamasikan kemerdekaan.

Baca Juga :