Macam Strategi Pembelajaran demi Meningkatkan Prestasi para Siswa

Macam Strategi Pembelajaran demi Meningkatkan Prestasi para Siswa
Macam Strategi Pembelajaran demi Meningkatkan Prestasi para Siswa

Macam Strategi Pembelajaran demi Meningkatkan Prestasi para Siswa

Macam Strategi Pembelajaran demi Meningkatkan Prestasi para Siswa
Macam Strategi Pembelajaran demi Meningkatkan Prestasi para Siswa

Macam-macam strategi pembelajaran

saat ini sangat penting untuk diterapkan. Proses pembelajaran ini dilakukan agar materi yang disampaikan oleh guru dapat diterima dengan baik oleh siswa.

Strategi pembelajaran ini merupakan langkah awal dari seorang guru sebelum mengajar didalam kelas. Strategi ini harus dilakukan agar memudahkan guru menyampaikan materi pada para siswa.

Hal ini bertujuan agar para siswa dapat memperoleh prestasi yang baik. Oleh sebab itu, para guru harus mengajar dengan strategi yang tepat agar para murid dapat menerima semua materi.

Salah satu strategi pembelajaran yang banyak dipilih saat ini yaitu

strategi pembelajaran aktif. Strategi pembelajaran ini juga terbagi lagi menjadi beberapa bagian, macam-macam strategi pembelajaran aktif ini perlu dilakukan demi menciptakan suasana pembelajaran yang lebih hidup.

Dalam hal ini, siswa ditekankan untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Dengan begitu, siswa tidak hanya mendengarkan guru saja tetapi juga banyak berperan dalam proses pembelajaran. Dalam strategi pembelajaran ini, guru hanya merupakan fasilitator sedangkan semua siswa harus aktif didalam kelas.

Selain strategi pembelajaran aktif, saat ini juga muncul macam-macam strategi pembelajaran terbaru untuk meningkatkan hasil prestasi para siswa. Salah satu strategi yang banyak digunakan yaitu strategi pembelajaran dengan menggunakan metode debat.

Strategi pembelajaran terbaru ini bertujuan

agar para siswa dapat mengungkapkan pendapat, mulai berfikir cerdas dan kreatif demi memperoleh banyak pengetahuan. Semua siswa akan dikumpulkan dengan memilih salah satu materi, kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok dan dilakukan perdebatan.

Dalam hal ini guru akan memperoleh data dari semua kelompok mengenai pro dan kontra, selanjutnya guru memberikan hasil evaluasi kepada para siswa.

Sedikit berbeda dengan strategi pembelajaran matematika, pada dasarnya macam-macam strategi pembelajaran matematika ada 2. Diantaranya yaitu:

1. Strategi Inquiry
Strategi pembelajaran matematika ini merupakan kegiatan belajar yang melibatkan semua kemampuan siswa dalam mencari serta menyelidiki masalah. Hal ini dilakukan secara sistematis, analitis dan logis agar dapat menemukan rumus sendiri.

2. Strategi Problem Solving
Strategi yang kedua dalam pembelajaran matematika yaitu strategi problem solving atau penyelesaian masalah. Dimana prosesnya berlangsung secara bertahap demi memperoleh respon yang tepat untuk sebuah masalah.

Strategi pembelajaran matematika ini bahkan lebih mengharuskan siswa untuk selalu aktif agar dapat lebih percaya diri dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Memilih strategi pembelajaran yang tepat wajib dilakukan oleh seorang guru demi meningkatkan prestasi para siswanya.

Dengan memilih strategi yang tepat, maka akan membawa hasil yang baik agar kualitas siswa menjadi lebih baik. Sekian yang dapat disampaikan mengenai beberapa macam strategi yang banyak dan perlu dilakukan oleh seorang guru, semoga sedikit ulasan mengenai macam-macam strategi pembelajaran ini dapat bermanfaat.

Sumber : https://pendidikan.co.id/