Gambaran Klinis

Gambaran Klinis
Gambaran Klinis

Gambaran Klinis

Gambaran Klinis
Gambaran Klinis

Solusio plasenta ringan

Sering disebabkan oleh ruptura sinus marginalis, dimana terdapat pelepasan sebagian kecil plasenta dan tidak menyebabkan perdarahan yang terlalu banyak. Apabila terjadi perdarahan pervaginam, biasanya akan berwarna kehitam-hitaman dan sedikit sakit. Perut terasa agak sakit atau terasa agak tegang yang sifatnya terus menerus. Walaupun demikian, bagian-bagian janin masih dapat dengan mudah diraba. Uterus yang agak tegang ini harus selalu diawasi, karena dapat saja menjadi semakin tegang, karena perdarahan yang terus berlangsung.

Solusio plasenta sedang 

Biasanya plasenta yang terlepas lebih dari 1/4  bagian, tetapi belum mencapai 2/3 luas permukaan. Tanda dan gejala dapat timbul perlahan-lahan seperti solusio plasenta ringan, tetapi dapat juga secara mendadak dengan gejala sakit perut terus menerus, yang tidak lama kemudian disusul dengan perdarahan pervaginam. Walaupun perdarahan pervaginam dapat sedikit, tetapi perdarahan sebenarnya mungkin telah mencapai 1000 ml. Ibu mungkin telah jatuh ke dalam syok, demikian pula janinnya yang jika masih hidup, mungkin telah berada dalam keadaan gawat janin. Dinding uterus teraba tegang terus-menerus dan nyeri tekan, sehingga bagian-bagian janin sukar untuk diraba. Jika janin masih hidup, bunyi jantung sukar didengar. Kelainan pembekuan darah dan kelainan ginjal mungkin telah terjadi,walaupun hal tersebut lebih sering terjadi pada solusio plasenta berat.

Solusio plasenta berat

Plasenta telah terlepas lebih dari 2/3 permukaannnya. Terjadi sangat tiba-tiba. Biasanya ibu telah jatuh dalam keadaan syok dan janinnya telah meninggal. Uterus sangat tegang seperti papan dan sangat nyeri. Perdarahan pervaginam tampak tidak sesuai dengan keadaan syok ibu, terkadang perdarahan pervaginam mungkin saja belum sempat terjadi. Pada keadaan-keadaan di atas, besar kemungkinan telah terjadi kelainan pada pembekuan darah dan kelainan/gangguan fungsi ginjal

 

Baca Artikel Lainnya: