Fungsi Manajemen Pendidikan yang Harus Diketahui

Manajemen berasal dari kata management yang berarti mengatur dan merencanakan. Manajemen pendidikan sendiri berarti pengaturan atau pengelolaan basis – basis pendidikan agar menjadi satu kesatuan yang terpadu dalam proses pelaksanaan pendidikan yang diselenggarakan.

Fungsi Manajemen Pendidikan yang Harus Diketahui
Fungsi Media Pendidikan Dalam Menunjang Kegiatan Pembelajaran

Tentu saja dalam hal ini berarti manajemen pendidikan menjadi suatu aspek yang sangat penting. Tanpa manajemen pendidikan tentu saja tak akan ada proses dan metode pendidikan yang berjalan lancar. Mengenai manajemen pendidikan juga harus diperhatikan komponen lembaga pengatur pendidikan sejak awal karena akan ada banyak fungsi nantinya. Apa saja fungsi dari manajemen pendidikan itu sendiri? Yuk kita pahami dan cek bersama – sama fungsi manajemen pendidikan yang Anda harus tahu.

Fungsi Manajemen Pendidikan yang Harus Diketahui

Tentang fungsi manajemen memang banyak sekali macamnya. Namun diantara fungsi – fungsi manajemen yang dirumuskan oleh beberapa tokoh manajemen sendiri terdapat beberapa persamaan dan juga perbedaannya.

Persamaan dari fungsi manajemen terlihat pada beberapa fungsi yaitu pengorganisasian, perencanaan dan juga pengendalian. Sementara pada sisi perbedaan terletak pada pemilihan kata atau mungkin dari pemilihan istilah yang digunakan dalam penyebutan suatu fungsi manajemen. Misalkan istilah yang dikenakan untuk menyebutkan pelaksanaan atau actuating mulai dari penyusunan kerja, pengkoordinasian, pengarahan, pemberian perintah, perakitan sumber – sumber, penyusunan laporan, pelaksanaan, kepemimpinan, inovasi dan masih banyak lagi yang lainnya. Demikian juga dari segi fungsi manajemen pendidikan.

Bahkan dari pendapat Robbin dan Coulter tentang fungsi manajemen juga tidak jauh berbeda dengan apa yang dikemukakan oleh Mahdi Bin Ibrahim yang turut mengatakan bahwa fungsi dasar manajemen yang paling penting diantaranya adalah perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan jug pengendalian.

Sehingga dalam tatanan manajemen pendidikan disimpulkan dari berbagai macam pendapat para ahli tentang fungsi manajemen diantaranya adalah planning atau perencanaan, penataan, staff, organisasi, motivasi, memimpin, fasilitas, empowering, actuacting dan pengawasan.

Planning atau perencanaan dalam fungsi manajemen dunia kependidikan ini dilakukan dengan adanya sebuah kurikulum dalam dunia pendidikan. Kurikulum ini nantinya dipandu bersama jadwal pelajaran atau jam – jam pengajaran yang dijadikan sebagai fungsi manajemen penataan dalam dunia pendidikan.

Bagian motivasi dalam manajemen pendidikan dilakukan oleh fungsi dari seorang guru. Dan guru juga berfungsi sebagai staff, organisasi, pemimpin dan penyedia actuating dalam dunia pendidikan. Sementara pengawasan didalam manajemen pendidikan dilakukan oleh pemerintah sendiri dengan adanya metode akreditasi untuk upaya memberikan peningkatan kualitas pendidikan dan untuk semakin meningkatkan pelayanan pendidikan oleh pemerintah. Karena itu semua elemen dalam dunia pendidikan memiliki fungsi – fungsi manajemen dan saling berkaitan.

Demikian sedikit informasi tentang Fungsi Manajemen Pendidikan yang Harus Diketahui. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi. sumber : sekolahbahasainggris.com