Cara Menulis Surat Permohonan Cuti Kuliah

Cara Menulis Surat Permohonan Cuti Kuliah

Cara Menulis Surat Permohonan Cuti Kuliah – Dalam dunia perkuliahan, mengenal makna cuti kuliah. Hal ini jadi sesuatu yang biasa ditunaikan oleh lebih dari satu mahasiswa. Alasannya pasti saja beragam, cocok bersama dengan keperluan masing-masing. Cuti kuliah sendiri dikenal juga bersama dengan sebutan cuti akademik. Dengan mengambil cuti kuliah, maka mahasiswa selanjutnya tidak memanfaatkan haknya sebagai seorang mahasiswa untuk turut di dalam aktivitas akademik bersama dengan alasan tertentu. Dengan demikian maka statusnya di kampus selanjutnya tidak aktif, yang berarti yang bersangkutaan bebas berasal dari seluruh aktivitas dikampus juga biaya daftar kembali maupun duwit semester. Lamanya cuti kuliah biasanya sepanjang 1-4 semester, dapat tetapi pada biasanya tiap tiap fakultas miliki ketetapan yang berbeda.

Mengingat bahwa hal ini merupakan hal yang penting dan formal, maka di dalam mengajukannya dibutuhkan surat formal yang diajukan kepada pihak kampus yang berwenang. Untuk mengajukan surat ini maka kamu pasti mesti lakukan lebih dari satu hal layaknya yang tersedia di bawah ini.

Beberapa hal yang mesti ditunaikan saat dapat mengajukan surat keinginan cuti kuliah.

  1. Siapkan alasan yang melatarbelakangi kamu mengambil cuti kuliah. Berikan alasan yang masuk akal dan bisa mendukung keputusan kamu tersebut.
  2. Buat surat keterangan persetujuan berasal dari orang tua atau wali dan diserahkan ke pihak akademik.
  3. Jika surat selanjutnya telah diserahkan, maka mengikuti prosedur setelah itu cocok bersama dengan ketetapan kampus yang ada.

Nah kecuali telah lakukan hal tersebut, kami juga dapat menambahkan lebih dari satu cara atau format penulisan surat keinginan cuti kuliah.

  1. Perihal : Permohonan Cuti Kuliah
  2. Penerima surat (kepada siapa surat ditujukan)
  3. Salam Pembuka
  4. Identitas diri (meliputi nama,nim, jurusan, semester kuliah saat ini, tahun akademik, alamat dan juga nomor kontak person)
  5. Isi pokok surat (permintaan izin cuti kuliah). Dibagian ini juga jelaskan kapan saat keinginan cuti kualiah tersebut.
  6. Alasan cuti kuliah
  7. Penutup
  8. Tanda tangan pemohon cuti (kanan), sinyal tangan dosen penasehat akademik (kiri). Ada pula yang membubuhkan sinyal tangan orang tua / wali yang diletakan di sebelah kiri sedang sinyal tangan dosen di anggota bawah.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini kami dapat menambahkan misal surat keinginan cuti kuliah.

Hal : Permohonan Cuti Kuliah

 

Kepada Yth

Bapak  Rektor

U.p. Kepala Biro AAK

Universitas Sriwijaya

Palembang

 

Assalamu’alaikum  Wr. Wb.

Dengan hormat, yang bertanda tangan di bawah ini

 

Nama                              : Clara Putri Wijaya

N I M                              : 123 456 789

Jurusan/Prodi                  : Ekonomi Pembangunan

Semester                         : VI

Tahun Akademik            : 2013/2014

Alamat                            : Jl. Perwira No.256 Palembang, Sumatera Selatan

Telpon/HP                       : 0853 6796 6985

 

Bermaksud mengajukan keinginan Cuti Kuliah sepanjang 2 (dua) Semester terasa tanggal 15 Juni 2016 s/d  tanggal 15 Juni 2017. Permohonan cuti kuliah ini saya sampaikan sebab :

  1. Alasan Pertama
  2. Alasan kedua (jika ada)

Sebagai bahan pertimbangan, bersama dengan ini saya lampirkan bukti-bukti pembayaran SPP semester IV Tahun Akademik  2013/2014.

Demikian keinginan cuti kuliah ini saya sampaikan, atas perhatian dan dikabulkannya keinginan ini saya ucapkan menerima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

 

Palembang, 03 Mei 2016

Mengetahui

Dosen Penasihat Akademik                                                                  Hormat Saya

 

 

 

(Nama Dosen)                                                                               CLARA PUTRI WIJAYA

 

 

Setelah lihat misal surat tersebut, telah lebih sadar bukan? Kalau begitu, demikian ulasan kami perihal surat keinginan cuti kuliah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di ulasan yang berikutnya.

Baca Juga: