Cara Melatih dan Mengembangkan Kecerdasan Finansial Bagi Anak Usia Dini

Cara Melatih dan Mengembangkan Kecerdasan Finansial Bagi Anak Usia Dini

Persoalan karakter di era global dan digital adalah persoalan paling fundamental. Salah satu implementasi pembentukan karakter ialah melalui pengenalan mengenai kecerdasan keuangan kepada anak umur dini.

“Masa emas anak-anak anda isi dengan pemahaman dan karakter yang powerful sebagai bekal mereka kelak,” papar Direktur Jendral Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Harris Iskandar dalam seminar Sosialisasi Pendidikan Sosial dan Finansial untuk Anak Usia Pra SD (24/5).

Pendidikan anak umur dini tidak melulu bersangkutan dengan upaya membekali mereka dengan tumbuh kembang yang memadai, tetapi pun penguatan karakter semenjak dini, tambahnya laksana dikutip dari laman sah Dirjen PAUD dan Dikmas.

“ Kecerdasan keuangan adalah upaya memampukan anak dan mengajari anak untuk dapat memahami pekerjaan atau kegiatan mengelola finansial sehari-hari yang sederhana,” paparnya.

Harris mengemukakan pendidikan keuangan maknanya paling luas bukan sekadar memperkenalkan nilai uang.

Lebih dari tersebut pendidikan keuangan berarti pun mendidik anak bagaimana menggunakannya dengan baik dan bijak. Ini tergolong pembentukan karakter dan pengenalan keaksaraan.

“Kemampuan mengelola finansial tidak barangkali hanya dijangkau melalui www.pelajaran.id/ pendidikan keuangan dan akses keuangan saja tetapi pun memerlukan adanya evolusi perilaku keuangan setiap individunya,” tambahnya

Artinya, pendidikan keuangan tidak serta merta mengolah perilaku keuangan seseorang. Karena tersebut pendidikan keuangan harus dilaksanakan terintegrasi dengan edukasi sosial, papar Harris.

Seminar yang dibuntuti sekitar 200 orang dari guru PAUD, organisasi Mitra PAUD, mahasiswa, perwakilan Unicef ini memperlihatkan pembicara Mr. Roland Monash (Stiching Education Aflatoun Internasional), Wartanto (plt. Direktur PAUD) dan Horas V.M. Tarihoran (Direktur Pendidikan Keuangan OJK).

Mengenalkan cara AFLATOUN, suatu metode dan program edukasi sosial dan keuangan yang telah dikembangkan oleh AFLATOUN International di Belanda. Metode pengajaran ini mengembangkan kemampuan dan metode melatih mereka dengan memakai permainan, pembelajaran berpusat pada anak, kerja kelompok, dan berbasis pekerjaan untuk memotivasi siswa dalam belajar serta mengenal pengelolaan finansial.

“Dari semenjak dini, anak-anak anda ajarkan pemahaman pengelolaan duit sebagai edukasi karakter. Sehingga ke depan bakal menghasilkan generasi yang benar-benar dapat mengelola finansial dan sosial,” jelas Harris.

Baca Juga: