BEKERJASAMA YANG BAIK DAN EFEKTIF

BEKERJASAMA YANG BAIK DAN EFEKTIF
BEKERJASAMA YANG BAIK DAN EFEKTIF

BEKERJASAMA YANG BAIK DAN EFEKTIF

BEKERJASAMA YANG BAIK DAN EFEKTIF
BEKERJASAMA YANG BAIK DAN EFEKTIF

Kerjasama yang cepat dalam mencapai tujuan adalah

kerjasama yang baik dan efektif sehingga tepat sasaran. Menurut Rosemary Rein , seorang pembicara, penulis dan konsultan pelatihan yang menulis Blueprin for Succes With Bussiness Stephen Covey dan Ken Blanchard (dalam Petersoon 2010) mengungkapkan beberapa cara untuk mengembangkan tim kerja yang efektif.

 

Berikut adalah beberapa sarannya :

  1. Komunikasi kan harapan yang jelas tentang kerjasama tim dan kolaborasi diharapkan
  2. Kerjaama sangat dihargai dan diakui, maka tidak dikehendakiuntuk berjalan sendiri
  3. Selalu mereview hasil kelompok
  4. Memberi kesempatan dengan hal yang menyenangkan
  5. Menggunakan “ice breker” untuk menyegarkan dan menyemangati kelompok

Rein juga menambahkan bahwa kerjasama kelompok harus berorientasi solusi, bukan hanya berfokus pada masalah, selalu menyediakan satu solusi.

Konsultan sumberdaya manusia dan penulis Susan Heathfield juga mengatakan bahwa penting untuk stuktur kerjasama dalam kelompok dengan benar, menjelaskan bagaimana mereka harus bekerja dan harapan untuk masing-masing.

Ada tiga syarat yang harus dipenuhi untuk mencapai hasil yang maksimal dalam suatu kelompok kerja yang baik yaitu :

Pembagian kerja yang jelas dan sesuai. Ada prinsip untuk hal ini yaitu the right man on the right place

Bergantung kepada gaya kepemimpinan yang diterapkan

Paternalis dan otoriter à cenderung memaksa anggota kelompok memberikan hasi yang nyata sesuai dengan target.

Laissez-faire à pemimpin tidak memberikan arahan, sehingga akan membuang waktu yang banyak karena pola kerja dan tujuan yang tidak jelas.

Demokratis àpemimpin mampu memotivasi para anggota agar menghasilkan yang terbaik

 Komunikasi timbal diantara anggota kelompok maupun antara anggota kelompok dengan pimpinannya

Sumber : https://duniapendidikan.co.id/