Begini Gathering Pelajar Indonesia di Polandia

Begini Gathering Pelajar Indonesia di Polandia
Begini Gathering Pelajar Indonesia di Polandia

Begini Gathering Pelajar Indonesia di Polandia

Begini Gathering Pelajar Indonesia di Polandia
Begini Gathering Pelajar Indonesia di Polandia

Bertempat di Centrum Wielokulturowe, Warsaw, para pelajar Indonesia di Polandia

berkumpul dalam acara “Witamy W Polsce”- Gathering Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Polandia 2017, Sabtu (9/12).

Acara yang mengambil tema How to be an Outstanding Student itu dimulai pada pukul 10.30, dibuka dengan sambutan Ketua Panitia M Ulil Albab, salah satu dewan penasihat PPI Polandia Sylvi Kurniawati, dan Lira Amalia sebagai staff Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Warsawa Fungsi Sosial Budaya.

Lira dalam sambutannya menjelaskan pentingnya lapor diri untuk seluruh Warga Negeri Indonesia (WNI) yang berada di Polandia. “Meski lapor diri dapat dilakukan secara daring, tapi disarankan untuk langsung datang ke KBRI Warsawa,” katanya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan PPI Polandia oleh Damalina Arfani mewakili pengurus PPI Polandia. Pada kesempatan itu Damalina menyampaikan apa yang telah dicapai PPI Polandia selama ini. Diantaranya, penghargaan atas siaran RRI terbaik dan PPI terpopuler oleh PPI Dunia.

PPI Polandia juga aktif dalam kegiatan PPI dunia. Antara lain simposium di Singapura

, Belanda, Mesir, United State of America (USA) dan United Kingdom (UK).

Tidak hanya itu, PPI Polandia juga selalu hadir di kampus-kampus Indonesia pada acara Edu Fair untuk berbagi informasi beasiswa dan kuliah.

Selanjutnya, menjadikan kegiatan tersebut menjadi lebih bernilai, juga digelar seminar sebelum masuk jam istirahat, dengan narasumber dari pengurus PPI Polandia dan dilanjutkan dengan diskusi antar sesama pelajar.

Seminar pertama mengambil topik kuliah dalam bahasa Polandia oleh Pratiwi Widya W

dan Ardian Nurwita. Pada sesi ini, juga dibahas mengenai kesulitan ketika kuliah dan solusinya, sehingga bermanfaat bagi pelajar yang sedang dan atau akan mulai perkuliahan di Polandia.

Pembahasan selanjutnya mengenai tips menulis riset serta cara beradaptasi dan juga berorganisasi, disampaikan oleh Eko Budiyanto. Terakhir, seminar dilanjutkan oleh Adnan Kurniawan Sigit mengenai bekerja sambil kuliah. Adnan menjelaskan bagaimana cara mendapatkan pekerjaan tersebut dan juga kesulitan-kesulitannya.

Kemudian, untuk membuat acara menjadi lebih menarik dan seru, Nadia Puspamaya dan Faisal Nurrachman sebagai pembawa acara juga mengajak memainkan beberapa permainan menarik sehingga dapat saling mendekatkan hubungan sesama pelajar.

Kegiatan tersebut merupakan gathering tahun ke-3 sejak dibentuknya lagi (reborn) PPI Polandia pada tahun 2015 lalu setelah vakum selama lebih dari 50 tahun, dan saat ini kepengurusan PPI Polandia tahun 2017/2018 telah mengalami perombakan karena ada beberapa posisi yang kosong.

Pada kesempatan tersebut juga diumumkan struktur kepengurusan yang baru oleh dewan penasehat PPI Polandia, Sylvi Kurniawati. Ketua PPI Polandia saat ini adalah M. Ulil Albab. (*)

 

Sumber :

http://www.rumahtanahdijual.com/usaha-menghadapi-tantangan-pendidikan-di-era-global/