Baitul Hikmah, Masjid LDII untuk Masyarakat Luas

Baitul Hikmah, Masjid LDII untuk Masyarakat Luas
Baitul Hikmah, Masjid LDII untuk Masyarakat Luas

Baitul Hikmah, Masjid LDII untuk Masyarakat Luas

 

Baitul Hikmah, Masjid LDII untuk Masyarakat Luas

Wakil Bupati Malang

Wakil Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi,MM didampingi Ketua DPD LDII Kabupaten Malang Drs. H. Abdullah Wakit, Minggu (23/12) pagi meresmikan Masjid Baitul Hikmah yang berada di Desa Putat Kidul Kecamatan Gondanglegi. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Malang, Jajaran Pengurus LDII Kabupaten Malang, Muspika gondanglegi serta tokoh masyarakat setempat.

Sebelum menandatangani prasasti masjid dan pengguntingan pita

Wabup dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada LDII khususnya karena telah mendirikan bangunan masjid megah sekaligus menyelenggarakan berbagai kegiatan positif. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang saya menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pembangunan masjid ini. Apresiasi juga saya ucapkan kepada keluarga besar LDII yang melaksanakan festival anak sholeh untuk mencetak kader terbaik bangsa ini, saya haqqul yaqiin Indonesia tidak akan pernah punah hingga yaumul qiyamah,” ungkap Wabup.

Berbicara mengenai masjid ini

Wabup menjelaskan bahwa, “kalau dilihat dari nama masjidnya yaitu baitul hikmah ini intisarinya ketika kita berdakwah harus dengan cara yang hikmah tidak boleh dengan cara anarkis/kekerasan, sehingga dakwah mampu tersampaikan dengan baik dan InsyaAllah bisa diterima oleh majelis ilmu nantinya. Saya harap masjid ini ramai akan jamaahnya dan bermanfaat bagi seluruh umat islam dan bagi yang sudah berpartisipasi baik dari segi materi maupun non materi, mudah-mudahan amal jariyah bapak ibu diterima Allah SWT,” pesan Wabup diikuti ucapan aamiin dari seluruh undangan.

Sementara itu, Abdullah menuturkan bahwa pembangunan masjid yang telah berdiri megah itu disesuaikan dengan seiring dan berkembangnya zaman dimana kebutuhan masyarakat, bangsa dan negara semakin tinggi baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Ia pun menegaskan bahwa Masjid Baitul Hikmah memang dibangun dan dipergunakan untuk masyarakat luas bukan masjid yang dikhususkan untuk LDII.

Untuk memenuhi kebutuhan itu

LDII terus meningkatkan kualitas output berupa pembinaan generasi penerus mulai dari usia PAUD  yang pada akhirnya target yang kita capai adalah generasi yang alim kepada agama, berakhlaqul karimah dan mempunyai kemandirian yang mengarah kepada profesional religius. Sehingga generasi penerus memiliki potensi untuk menghasilkan karya yang berkualitas, yang selanjutnya dapat mempermudah proses komunikasi dan kontribusi dalam kehidupan bermasyarakat,” ungkapnya.

Disisi lain menurut Isman Hidayat

S. Si selaku ketua penyelenggara mengatakan jika masjid baitul hikmah ini dibangun sejak Tahun 2012 dengan biaya sekitar 4 Milyar. “Dalam rangkaian peresmian masjid ini, kami juga menyelenggarakan festival anak sholeh yang diikuti sekitar 2.000 orang yang terdiri dari para santri TPQ dan para orang tua korwil selatan DPD LDII Kabupaten Malang. Selain  itu, ada bazar yang diikuti sembilan pimpinan cabang LDII Korwil selatan, kegiatan pramuka dari satuan komunitas sekawan persada nusantara yg merupakan komunitas pramuka berbasis masjid, kemudian jugq ada seni beladiri asad yang pada Porkab 2018 mendapatkan medali emas dan perak,” paparnya.

Isman menambahkan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut merupakan implementasi dari tiga target pembinaan generasi penerus LDII meliputi faqih dalam agama, akhlaqul karimah, serta mandiri. Sedangkan tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Dalam Cinta Masjid, Kita Ciptakan Generasi yang Profesional Religius”. Kegiatan ini juga diwarnai dengan penyerahan cinderamata berupa plakat LDII sebagai bentuk Apresiasi Atlet Silat Juara I dan II Porkab Tahun 2018.

Artikel Terkait: